Selasa, 27 Desember 2011

PRESENT PERFECT CONTINUOUS TENSE

Tense ini berguna untuk menyatayakan sesuatu yang telah terjadi semenjak waktu 
lampau dan berlangsung terus sampai sekarang dan pada saat ini masih sedang terus 
dilakukan dalam proses penyelesaiannya. 
Prediket kalimat terdiri dari Verb I (plus ing), rumus tense-nya sebagai beriku :
Subject + Have/Has + Been + Verb I (plus ing )+ Object + Adverb of Place + Adverb of Time
1. Positive Sentence
 Untuk membuat kalimat positif/pernyataan positif, masukanlah   kata-kata yang 
 dibutuhkan sesuai rumus kalimat pada masing-masing kolom tabel berikut ini.
 2. Negative Sentence
      Untuk membuat kalimat negative dengan cara menambahkan “not” setelah kata bantu 
      “ Have/Has “, sebagai berikut : 
3. Interrogative Sentence
   Untuk membuat kalimat Tanya dilakukan dengan menempatkan  kata bantu 
   “Have/Has” sebelum Subject, sebagai berikut :
              Jawaban dari pertanyaan di atas, sebagai berikut :
        Untuk menjawab Ya :
   
       Yes, She has.
       Yes, He has.
       Yes, They have.
     
       Untuk menjawab Tidak :
       No, She has not     ( No, She hasn,t )   
       No, He has not 
       No, They have not ( No, They haven’t )            
                  
Latihan :
1. Rubahlah kalimat berikut berdasarkan tanda yang diberikan di belakang kalimat !
    Contoh :      Have They  been playing football for 30 minutes ? ( + ) ( - )              
                        Jawab :
                        ( + )  They have been  playing football for 30 minutes.
                        ( -  )  They have not been playing football for 30 minutes.
   1). Adi has been enjoying the holiday in Parapat since yesterday. ( - ) ( ? )
   2). Has He not been helping you since this morning? ( + ) ( - )
   3). The bus has been running for almost three hours  ( - ) ( ? )
   4). Have you been reading the novel since yesterday ? ( + ) ( - )
   5). Rini has not been living here for 2 years( + ) ( ? ) 
2. Lengkapilah kalimat berikut ini dalam bentuk Present Perfect continuous Tense :
    
     Contoh : She ………..( do ) her homework for almost an hour.
     Jawab   : She has been doing her homework for almost an hour.
   
    1). He …………(  talk )  about the tragedy for about half an hour.
    2). ……….Boby ( listen ) to the radio since this afternoon ?.
    3). You and I ………(  play ) table tennis for an hour.
    4). The visitors ………( stay ) in the hotel for about 3 days.
    5). ………..the manager ( read ) the report since this morning?
QUESTION TAGS (KALIMAT TANYA TAK BERTANYA)
Adalah pertanyaan yang langsung mengikuti suatu pernyataan, biasanya kita tidak 
menginginkan jawabannya atas pertanyaan tersebut. Kita hanya mengharapkan 
orang lain yang diajak bicara dapat memberikan kepastian atas pertanyaan tersebut. 
Pertanyaan yang langsung mengikuti pernyataan tersebut dinamakan ‘Question Tag’.
Bila statement berupa kalimat positif (Positive Sentences),  maka “Tag” negatif. 
Sedangkan     bila statemen berupa kalimat negative ( Negative Sentences), 
maka “Taq” positif.
Untuk Subjects  ( I, You, We, They dan sejenisnya), untuk membuat “Tag” digunakan
kata bantu  “ Have”, dan dalam bentuk yang berlawanan dengan  pernyataannya 
( statementnya).
Untuk Subjects ( He, He, It dan sejenisnya ) untuk membuat “Taq” digunakan   
kata Bantu      “Has”, dan dalam bentuk berlawanan dengan pernyataannya 
( statement-nya).
    a). Statement positif diberi “Taq” negative
     b). Statemen negative diberi “Taq” positif
     Keterangan ;
    1). Question Taq diucapkan dengan intonasi suara naik, bila masih merasa ragu-ragu
         terhadap kebenaran pernyataan yang disampaikan.
    2). Bila yakin bahwa pernyataan yang sampaikan adalah benar, tapi masih juga
         menginginkan kepastian dari orang lain yang diajak bicara, maka
         Question Taqs harus diucapkan dengan suara turun.
         Perhatikan dan bandingkan :
     Latihan
          Lengkapilah masing-masing kalimat berikut dengan
          “Taq” yang tepat.
          Contoh : - He has been waiting for an hour, …….?
          Jawab   : - He has been waiting for an hour, hasn’t He ?
          1. Rudi has been staying in this hotel for about 2 days, …..….?
          2. We have been standing in the stadium since 4 pm,  …..…?
          3. He has been doing his homework since this afternoon,  ….…?
          4. She has been visiting her grand mother since yesterday, …...?
          5. I have not been reading your weekly report , ……..?
  
   Question-Word Question (Kalimat Tanya Dengan Kata 
   Penanya)
    
     Ambil sebuah kalimat tanya dari Verbal Sentence di atas, sebagai berikut :
     Has She been studying English in the classroom for 2 hours ?
     Keterangan :
     For 2 hours = Adverb of time                            → ditanaya pakai “How long”
     In the classroom  = Adverb of place                 → ditanya pakai “Where”
     English = Object                                                → ditanya pakai “What”
     Studying English = Prediket                              → ditanya pakai “What … do.”
     She = Subject                                                     → ditanya pakai “ Who “.
     has = di sini sebagai kata bantu
     1. Bila kita pakai kata tanya “How long”,  maka kata “for 2 hours” harus 
         dihilangkan, sedangkan kata tanya “How long” harus ditempatkan sebelum  
         kalimat tanya tersebut sebagai berikut :
         How long has She been studying English in the classroom ?
         ( Berapa lamakah  Dia telah belajar bahasa Inggeris di sekolah ? )
         Maka jawabannya : for 2 hours
         Kata “for 2 hours” yang dihilangkan muncul kembali sebagai jawaban singkat 
         pada kalimat tanya di atas.
     2.  Bila kita pakai kata tanya “Where”,  maka kata  “in the classroom” harus 
         dihilangkan, sedangkan kata tanya Where” harus ditempatkan sebelum kalimat 
         tanya tersebut sebagai
          berikut : ;
         Where has She been studying English for 2 hours ?
         ( Dimanakah Dia telah belajar bahasa Inggeris sejak 2005? )
         Maka jawabannya : in the classroom
         Kata “in the classroom” yang dihilangkan muncul kembali sebagai jawaban 
         singkat pada kalimat tanya di atas.
    
     3.  Bila kita pakai kata tanya “What”,  maka kata “English” harus dihilangkan, 
          sedangkan kata  tanya “What” harus ditempatkan sebelum kalimat tanya 
          tersebut sebagai berikut :
         What has She been studying in the classroom for 2 hours ?
         ( Apa yang telah Dia pelajari di sekolah sejak 2005? )
         Maka jawabannya : English
         Kata “English” yang dihilangkan muncul kembali sebagai Jawaban singkat 
         pada kalimat tanya di atas.
     4. Bila kita pakai kata tanya “What .. do”,  maka kata “studying English” 
         harus dihilangkan, sedangkan kata tanya “What” harus ditempatkan sebelum 
         kalimat tanya tersebut dan kata “ doing” ( bentuk continuous dari kata “do”  ) 
         harus ditempatkan setelah Subject ( setelah She”), sebagai berikut :
         What has She been doing in the classroom for 2 hours?
         ( Apa yang telah Dia lakukan di sekolah sejak 2005 ? )
         Maka jawabannya : studying English
         Kata “studying English” yang dihilangkan muncul sebagai jawaban singkat 
         pada kalimat tanya di atas.
    5. Bila kita pakai kata tanya “Who”,  maka kata “She” harus dihilangkan, 
        sedangkan kata tanya “Who” harus ditempatkan sebelum kalimat tanya 
        tersebut.
         Who has been studying English in the classroom for 2 hours?
         ( Siapa yang telah belajar bahasa Inggeris di sekolah sejak 2005 ? )
         Maka jawabannya : He has been doing
         Kata “She” yang dihilangkan muncul sebagai jawaban singkat dan ditambah 
         dengan kata kerja “doing” ( bentuk  continuous dari“do”) sebagai kata kerja 
         pengganti untuk kata “studying” )
        
         Kemudian perhatikan Skema berikut :
     Maka diperoleh 5 kalimat Tanya dengan Question Word :
      1. How long has She been studying English in the classroom ?           for 2 hours
      2. Where has She been studying English for 2 hours ?                       in the classroom
      3. What has She been studying in the classroom for 2 hours ?           English
      4. Who has been studying English in the classroom for 2 hours ?       She has been 
                                                                                                             doing
      5. What has She been doing in the classroom for 2 hours ?               studying English

Tense ini akan dapat dikuasai jika sering latihan, dimana dikatakan 'Practice makes perfect",
demikianlah agar sajian materi ini dapat bermanfaat bagi siapa saja yang mempelajarinya.

                                                                                                  Good Luck,

                                                                                                       
                                                                                                   by Syofyan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar